Bisnis

Fakta Tentang Jerawat

Obat Jerawat

Cepat fakta tentang jerawat
Hanya 11% orang dengan jerawat mengunjungi dokter, dan 20% mengunjungi pusat perawatan kulit
30% membeli pengobatan gratis
40% tidak melakukan apapun
Pelajari lebih lanjut tentang jerawat
Pengobatan sistemik yang umum adalah antibiotik, perawatan hormonal dan isotretinoin.

Pil antibiotik, biasanya tetrasiklin, dapat diresepkan selama 4-6 bulan bersamaan dengan pengobatan topikal. Mereka membunuh bakteri dan mengurangi peradangan. Perbaikan biasanya harus muncul setelah 6 minggu. Efek samping tetrasiklin meliputi sensitivitas kulit terhadap sinar matahari dan sinar UV.

Terapi hormonal bisa membantu wanita, terutama jika jerawat menyala sekitar saat menstruasi. Pil kontrasepsi kombinasi oral dapat didiagnosis bahkan bagi mereka yang tidak aktif secara seksual. Perlu waktu hingga satu tahun untuk melihat manfaat penuh.

Co-cyprindiol adalah pengobatan hormonal yang mengurangi produksi sebum pada orang yang jerawatnya tidak merespons antibiotik. Dibutuhkan 2-6 bulan untuk melihat peningkatan yang signifikan.

Efek samping co-cyprindiol meliputi perdarahan dan bercak antara menstruasi, sakit kepala, payudara yang pegal, perubahan mood, kehilangan minat pada seks dan kenaikan berat badan atau kehilangan. Ini juga dikaitkan dengan kanker payudara dan pembekuan darah.

Isotretinoin
Isotretinoin (sebelumnya dipasarkan sebagai Accutane) dapat melawan kasus jerawat yang paling parah. Ini membantu menormalisasi dan mengurangi sebum, mencegah penyumbatan folikel, mengurangi jumlah bakteri pada kulit dan mengurangi kemerahan dan pembengkakan.

Namun, efek sampingnya bisa melebar dan serius, sehingga hanya disarankan untuk jerawat parah yang belum merespons perawatan lainnya.

[Istotretinoin]
Isotretinoin berhasil melawan jerawat parah namun harus digunakan dengan hati-hati.
Isotretinoin diambil secara oral selama 4-6 bulan. Jerawat bisa memburuk selama 7-10 hari pengobatan pertama, sebelum menetap. Pada 85% kasus, satu kursus cukup untuk pembersihan permanen.

Namun, efek sampingnya bisa sangat dramatis sehingga dibutuhkan kehati-hatian yang ekstrem. Pasien harus menandatangani iPLEDGE, di mana mereka menyetujui persyaratan penggunaan yang ketat, dan dipantau dengan kunjungan dan tes medis selama perawatan.

Efek samping yang umum meliputi: peradangan, kekeringan dan retak pada kulit, bibir dan lubang hidung; perubahan kadar gula darah; pembengkakan kelopak mata; konjungtivitis; dan darah dalam urin. Lebih jarang lagi, bisa menyebabkan hepatitis, pankreatitis dan penyakit ginjal.

Isotretinoin akan merusak bayi yang belum lahir dan tidak boleh dikonsumsi jika ada kemungkinan kehamilan. Setidaknya satu metode kontrasepsi harus digunakan oleh wanita yang bisa hamil, dan tes kehamilan harus dilakukan sebelum dan sesudah perawatan. Perubahan suasana hati seperti depresi, kecemasan, agresi dan pikiran untuk bunuh diri telah dilaporkan, walaupun link tidak dikonfirmasi.

Isotretinoin mirip dengan vitamin A; Oleh karena itu suplemen vitamin A dikontraindikasikan secara ketat. Beberapa antibiotik harus dihindari untuk mencegah interaksi.

Periset baru-baru ini menemukan bahwa ahli dermatologi meresepkan antibiotik rata-rata hingga 11 bulan sebelum memindahkan pasien ke isotretinoin, meningkatkan kekhawatiran tentang risiko resistensi antibiotik.

Pedoman klinis merekomendasikan terapi antibiotik paling lama 6 bulan, namun kekhawatiran tentang efek samping isotretinoin dapat menyebabkan penundaan dalam memulainya.

Pilihan bedah
Prosedur lain untuk mengobati jerawat meliputi:

Laser dan terapi cahaya lainnya, yang mengurangi bakteri P. acnes
Kulit kimia yang diberikan oleh dokter kulit untuk mengobati komedo dan papula
Drainase dan ekstraksi untuk menghilangkan kista jerawat besar yang tidak merespon obat
Menyuntikkan kista dengan obat bisa mengeluarkannya dengan cepat, tapi ini hanya dilakukan jika benar-benar diperlukan.
Baru-baru ini, para ilmuwan telah menyelidiki jerawat sebagai penyakit peradangan kronis yang dimediasi kekebalan tubuh, yang melibatkan respons kekebalan bawaan yang tidak dapat mengendalikan P. acnes. Mungkin ini akan menghasilkan solusi baru di masa depan.

Obat Flek