Travel

Fenomena Hantu Laut Di Raja Ampat

Papua Barat terkenal akan wisata bahari. Salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi adalah Raja Ampat. Bahkan Raja Ampat lebih dulu dikenal di kalangan wisatawan mancanegara dan merupakan tempat wisata idaman mereka. Letak Kabupaten Raja Ampat terpencil. Namun, kawasan ini menyimpan sejuta keindahan alam, terutama bawah lautnya.

Bahkan, wisata bahari Raja Ampat dikenal turis mancanegara sebagai salah satu dari sepuluh tempat menyelam terbaik di dunia. Keindahan alam ini jelas menjadi andalah Kabupaten Raja Ampat, yang mampu menembus persaingan dunia pariwisata internasional. Kabupaten ini memiliki 610 pulau. Empat di antaranya Pulau Misool, Salawati, Batanta, Waigeo termasuk pulau besar dan hanya 35 pulau yang berpenghuni.Bahkan, konon hanya 400 pulau yang baru dieksplorasi. Selebihnya, pulau-pulau itu masih perawan. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Raja Ampat adalah bulan Agustus hingga Februari. Saat itu cuaca di sana sangat bagus dan angin tidak terlalu kencang.

Untuk menuju Raja Ampat, kita harus melalui Sorong di Papua Barat. Sampai saat ini penerbangan langsung ke Raja Ampat memang belum ada karena bandara di sana sedang dalam proses pembangunan. Jika ingin mengunjungi Raja Ampat, rajin-rajinlah membuka website maskapai penerbangan yang melayani rute Jakarta–Sorong, seperti Wings Air, dan Express Air.Dalam pemetaan kawasan wisata bahari di Raja Ampat, hampir sepenuhnya pemerintah daerah atau pun para pemilik usaha jasa pariwisata memfokuskan pengembangan pariwisata bahari di Raja Ampat membentang dari kepulauan sebelah selatan Pulau Waigeo pulau-pulau disekitaran Pulau Misool, Kepulauan Fam, hingga Kepulauan Wayag yang teretak di sebelah barat Pulau Waigeo. Akhirnya, pengembangan wisata di pulau – pulau bagian utara Pulau Waigeo tidak menjadi fokus sektor pembangunan pariwisata di Raja Ampat.

Tahukah anda ternyata terdapat fenomena hantu laut di Raja Ampat? Cerita atau kisah fenomena hantu laut memang sering kali ditulis, hampir puluhan tahun lamanya kisah seperti itu masih ada. Seperti halnya fenomena hantu laut yang berada di depan kampung Urbinasopen dan Yesner, pemandangan menarik dan unik dapat terlihat setiap tahunnya di bulan Desember pada waktu pergantian tahun, mengapa itu bisa terjadi?Beberapa sumber mengatakan dan menduga ada Fenomena Hantu laut Urbinasopen yang berada di bawah laut mengeluarkan cahaya yang indah dan sinar tersebut terlihat selama kurang lebih 10-20 menit. Fenomena ini diduga sebagai penampakan dari Gurita besar yang menampakan setiap tahunnya dengan mengeluarkan sebuah sinar. Penampakan alam tersebut hanya terjadi di malam hari, yang terlihat seperti sunset sehingga pemandangan tersebut dapat memukau walaupun hanya beberapa menit.

Fenomena aneh ini memang jarang diabadikan oleh para kameramen. Konon kabaranya ada yang memotret fenomena hantu laut urbinasopen raja ampat, keluarganya ada yang terserang oleh makhluk halus yang menjaganya sehingga tak seorang pun yang berani untuk memotret keindahan alam bawah laut disaat terjadi fenomena hantu laut semacam ini.