Lifestyle

Tips Belanja Online Aman dan Nyaman

Di jaman yang sudah serba canggih dan praktis menjadikan banyak orang yang sudah meninggalkan cara-cara lama dalam berbelanja seperti langsung datang ke toko atau mall. Karena saat ini mereka lebih memilih untuk melakukan belanja secara online.

Tips Belanja Online Aman dan Nyaman
Tips Belanja Online Aman dan Nyaman

Namun penting untuk anda ketahui jika belanja online juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan, karena tidak sedikit orang yang tertipu ketika melakukan belanja online. Maka dari itu, bagi anda yang belum pernah dan akan melakukan belanja online. Sebaiknya simak terlebih dahulu beberapa tips belanja online yang aman agar anda dapat terhindari dari penipuan di dunia online.

Tips Belanja Online Aman dan Nyaman

1. Cari Situs Belanja Online Terpercaya

Kasus penipuan dan pencurian terhadap data identitas sering terjadi ketika melakukan transaksi online melalui situs sosial media atau situs belanja online yang tidak kredibel. Inilah mengapa anda harus lebih teliti dalam memilih situs belanja online yang sudah terpercaya dan populer.

2. Pilih situs yang sudah terenkripsi SSL

Jika anda ingin mengetahui situs atau web yang terpercaya, salah satunya dapat anda kenali dari enkripsi SSL pada sebuah situs. Pastikan Jika URL web toko online tersebut di awali dengan HTTPS bukan HTTP. Selain itu, pastikan pada status bar browser anda ketika mengakses situs atau web toko online terdapat icon gembok terkunci, itu menandakan jika web tersebut aman dan terpercaya.

3. Lebih bijaksana

Pastikan anda tidak memberikan data informasi pribadi anda yang bersifat rahasia, karena biasanya ketika akan berbelanja online pedagang hanya membutuhkan informasi seperti nama, alamat lenglap, nomor telepon dan juga alamat email. Jika lebih dari itu, maka anda patus curiga dan tidak gampang memberika informasi data lebih lengkap apalagi jika yang sifatnya rahasia.

4. Melindungi Komputer Anda

Pastikan pada komputer atau laptop anda sudah terinstall antivirus untuk melindungi data anda dari virus, malware, Spyware yang dapat secara otomatis mengakses informasi data prbadi pada komputer anda.

5. Rutin memeriksa laporan rekening anda

Setelah anda melakukan transaksi melalui internet banking, sebaiknya anda rutin memeriksa laporan rekening anda dan pastikan uang yang anda bayarkan sesuai dengan harga yang ditentukan. Pastikan juga tidak transaksi lain yang mencurigakan pada akun bank anda.

6. Informasi terbaru

Pastikan juga anda mencari informasi tentang harga terbaru pada produk yang akan anda beli, sehingga anda tidak akan merasa kemahalan ketika membeli suatu produk. Untuk mencari tahu informasi terbaru mengenai produk yang diinginkan, anda bisa melakukan cek harga di situs hargaonline.id.

Sekian ulasan mengenai tips belanja online aman dan nyaman, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan sampai jumpa.